Tak Gentar dengan Ancaman Rusia, Veteran Perang Irak hingga Afghanistan Siap Bela Ukraina
Ilustrasi pasukan pertahanan di Ukraina. (Wikimedia Commons/VOA/Yan Boechat)

Bagikan:

JAKARTA - Minat relawan asing untuk bergabung membantu Ukraina menghadapi invasi Rusia tidak surut, meski pekan lalu Kementerian Pertahanan Moskow mengatakan tentara asing yang tertangkap di Ukraina, tidak akan memperoleh status tahanan perang (POW).

Michael Ferkol, yang pernah menjabat sebagai spesialis pasokan dengan batalyon insinyur di Angkatan Darat AS, telah berada di Roma untuk belajar arkeologi ketika dia mendengar seruan presiden Ukraina untuk pejuang asing.

Dalam beberapa hari, kata Ferkol, dia datang ke kantor perekrutan militer di kota Lviv, Ukraina barat, berharap untuk diangkat sebagai paramedis garis depan.

"Saya mengatakan kepada mereka, bahwa saya ingin melakukan triase pasien," kata pria berusia 29 tahun, yang tidak memiliki pengalaman tempur. "Ada seorang pria Finlandia di sana juga, dan dia seperti, 'Saya hanya ingin membunuh orang Rusia,'" ujarnya melansir Reuters 8 Maret.

Ukraina telah membentuk legiun 'internasional' untuk orang-orang dari luar negeri, dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy secara terbuka mendesak orang asing untuk 'berjuang berdampingan dengan Ukraina melawan penjahat perang Rusia', untuk menunjukkan dukungan bagi negaranya.

Pekan lalu, Presiden Zelenskiy mengatakan lebih dari 16.000 orang asing telah menjadi sukarelawan, tanpa merinci berapa banyak yang telah tiba.

invasi rusia ke ukraina
Ilustrasi pasukan sipil berjaga di Kyiv. (Wikimedia Commons/VOA/Yan Boechat)

Beberapa pejuang asing yang tiba di Ukraina mengatakan bahwa mereka tertarik dengan alasannya: untuk menghentikan apa yang mereka pandang sebagai serangan tak beralasan, dalam pertikaian sekali dalam satu generasi antara kekuatan demokrasi dan kediktatoran.

Bagi yang lain, banyak dari mereka adalah veteran Irak dan Afghanistan, perang Ukraina juga menawarkan kesempatan untuk menggunakan keterampilan bertarung yang mereka rasa tidak lagi dihargai oleh pemerintah mereka sendiri.

Reuters mewawancarai 20 pejuang asing atau lainnya yang terlibat dalam upaya tersebut, dengan beberapa mengatakan, Ukraina sedang berjuang untuk memeriksa, memperlengkapi, dan mengerahkan mereka.

Dan di samping veteran perang yang berjuang keras, orang-orang tiba dengan sedikit atau tanpa pengalaman tempur, menawarkan nilai terbatas di zona perang di bawah penembakan yang terus-menerus dan menakutkan oleh militer Rusia. Seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai veteran militer Inggris menyebut rekrutan ini sebagai 'penangkap peluru'.

Sementara itu, seorang pejabat senior Ukraina di Lviv yang terlibat dalam pemrosesan sukarelawan asing yang baru tiba, Roman Shepelyak mengatakan, sistem untuk menerima, melatih, dan mengerahkan pejuang asing masih dalam tahap awal. Dan bahwa prosesnya akan menjadi lebih lancar dalam beberapa hari mendatang. Kementerian pertahanan Ukraina menolak berkomentar.

Di antara mereka yang telah tiba untuk berperang bagi Ukraina adalah puluhan mantan tentara dari Resimen Parasut elit Angkatan Darat Inggris, menurut seorang mantan tentara dari resimen tersebut. Ratusan lainnya akan segera menyusul, katanya. Reuters tidak dapat menguatkan angka-angka itu.

Sering disebut sebagai Paras, resimen itu dalam beberapa tahun terakhir bertugas di Afghanistan dan Irak.

"Mereka semua sangat, sangat terlatih, dan telah melihat layanan aktif pada banyak kesempatan," kata mantan tentara dari resimen itu. Krisis Ukraina akan memberi mereka tujuan, persahabatan dan kesempatan untuk melakukan apa yang mereka kuasai, bertarung.

Michael Ferkol mengatakan ada banyak orang dengan keturunan Ukraina di kampung halamannya, Chicago. Dia ingin pergi ke Kyiv, ibu kota dan membantu.

invasi rusia ke ukraina
Ilustrasi pasukan pertahanan di Ukraina. (Wikimedia Commons/VOA/Yan Boechat)

"Saya sedikit gugup, jujur ​​saja. Tetapi pada saat yang sama, ini bukan tentang saya. Ini tentang orang-orang yang menderita," katanya, berjalan melewati kerumunan pengungsi di stasiun kereta Lviv pada Hari Sabtu, berharap untuk naik kereta ke garis depan.

Bagi sebagian orang, bepergian ke Ukraina, bahkan dari negara-negara yang jauh, adalah bagian yang mudah. Mereka yang tidak membawa pelindung tubuh, helm dan peralatan lainnya sedang berjuang untuk mendapatkannya di Ukraina, menurut beberapa pejuang yang berbicara kepada Reuters.

Beberapa veteran berbagi informasi tentang peralatan dan logistik melalui grup Facebook atau WhatsApp khusus undangan, dengan nama seperti "Have Gun Will Travel." Kelompok-kelompok ini berisi permohonan untuk peralatan, seperti pelindung tubuh dan kacamata penglihatan malam, atau untuk veteran asing yang merupakan penembak jitu atau yang dapat melatih tentara Ukraina tentang cara menggunakan senjata canggih yang dikirim oleh negara-negara Barat.

Dengan mobilisasi besar-besaran pria Ukraina yang sedang berlangsung, negara ini memiliki banyak pejuang sukarelawan. Tetapi, ada kekurangan spesialis yang tahu cara menggunakan rudal anti-tank Javelin dan NLAW, yang dilatih tentara profesional selama berbulan-bulan untuk digunakan dengan benar.

Bahkan, mereka yang memiliki pengalaman tempur mungkin berjuang di zona perang Ukraina, memperingatkan seorang mantan tentara Inggris, yang meminta untuk diidentifikasi dengan nama panggilannya, Kruger. Dia mengatakan dia pernah bertugas di Afghanistan dan melatih tentara lainnya.

"Jika Anda berada di sini sebagai turis perang, ini bukan tempat untuk Anda. Realitas perang, jika Anda menuju ke garis depan, akan sangat luar biasa," katanya.

Banyak dari mereka yang tiba di Lviv berakhir di kantor semi-dibentengi dari administrasi regional Lviv, di mana dokumen mereka diperiksa oleh Shepelyak. Dia mengepalai departemen wilayah untuk bantuan teknis dan kerjasama internasional. Dia mengakui sistem untuk memproses penawaran mereka untuk bertarung masih dalam tahap awal.

Pada Hari Jumat, ketika Reuters berkunjung, enam orang asing muncul di kantor Shepelyak, termasuk seorang veteran militer Polandia bernama Michal, dan seorang Belanda raksasa bertato tinggi bernama Bert. Kedua pria itu menolak memberikan nama lengkap mereka.

Lebih banyak orang asing tiba setiap hari, kata Shepelyak kepada Reuters. "Jika mereka memiliki keinginan dan bujukan untuk melayani negara asing, itu penting. Mereka penting."

Shepelyak mengatakan, dia memeriksa dokumen mereka, bukan pengalaman tempur mereka, yang dievaluasi di pangkalan militer di luar Lviv tempat mereka dikirim berikutnya. Dia menambahkan, mereka yang direkrut menjadi tentara Ukraina akan dibayar sesuai dengan tentara lainnya.

Pejuang asing lainnya mengatakan kepada Reuters, mereka melewati proses formal dan langsung menuju front timur, berharap mendapatkan senjata dan perintah dari militer Ukraina pada saat kedatangan mereka.

Di pusat Lviv pada hari Kamis, seorang Kanada bertubuh kekar, berbahasa Rusia, yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai Sig, mengangkat tas peralatan ke bagian belakang minivan yang dibelinya di Polandia dan dibawa ke Lviv.

Dia mengenakan jaket antipeluru yang dilengkapi dengan peralatan medis, dan mengatakan bahwa dia biasanya bekerja sebagai paramedis sipil.

invasi rusia ke ukraina
Warga Ukraina membuat bom molotov di Kyiv. (Wikimedia/Commons VOA/Yan Boechat)

Satu lagi dari empat tim kuat Sig adalah seorang Amerika yang mengatakan bahwa dia lahir di bekas republik Soviet di Georgia dan telah berperang melawan Rusia "dari generasi ke generasi."

Di tas Sig ada ratusan kilogram peralatan, termasuk persediaan medis dan ransum militer yang dikenal sebagai MRE, atau makanan siap saji. Sig mengatakan timnya berencana untuk membantu melatih sukarelawan Ukraina di Lviv selama sehari, sebelum langsung menuju garis depan.

"Saya memiliki koneksi di Kyiv yang akan membantu kami," katanya.

Terpisah, berdiri di luar loket tiket stasiun Lviv pada hari Minggu adalah sekelompok pria Inggris berseragam militer, menunggu kereta ke Kyiv. Mereka sangat bersemangat, sering bersalaman dan berjabat tangan dengan para pengungsi Ukraina yang berterima kasih kepada mereka karena telah berjuang untuk negara mereka.

Mereka dipimpin oleh Ben Grant, seorang Inggris yang tegap dari Essex, yang mengatakan dia pernah bertugas di Marinir Kerajaan Inggris dan baru saja menyelesaikan tugas sebagai penasihat keamanan di Irak. Dia tidak merinci apakah anak buahnya akan dikerahkan secara independen atau sebagai bagian dari unit Ukraina.

Tentang tentara Ukraina, Grant menambahkan: "Mereka tampak kuat, sangat kuat. Saya lebih dari senang untuk bertarung di sebelah mereka."

Kendati demikian, masalah logistik telah mendorong beberapa pejuang untuk menunda kedatangan mereka.

Anthony Capone, seorang pengusaha kesehatan kaya di New York City, mengatakan dia menyediakan dana untuk ratusan mantan tentara dan paramedis yang ingin pergi ke Ukraina. Tetapi dia mengatakan dia telah menunda keberangkatan mereka "untuk memberi tentara Ukraina satu minggu lagi, untuk meningkatkan proses pendaftaran mereka bagi mereka yang memasuki korps sukarelawan."

Sejauh ini, menurut Capone, hanya "sejumlah kecil" yang tiba di negara tetangga Polandia. Capone telah memposting di LinkedIn pesannya yang menawarkan pendanaan. Berpikir hanya 10-15 orang yang akan merespon, ternyata menurutnya saat ini ada sekitar 1.000 respon yang datang.

Capone menambahkan, dia hanya mendanai mantan tentara yang kredensial militernya dapat dia verifikasi, atau paramedis yang saat ini bekerja di lingkungan trauma darurat.

Sekitar 60 persen dari mereka yang telah berhubungan adalah orang Amerika dan 30 persen Eropa, dengan sisanya berasal dari setidaknya 25 negara sejauh Kolombia, Jepang dan Jamaika, terang Capone.

Sebagian besar adalah mantan tentara, sisanya adalah petugas medis darurat atau perawat perawatan kritis. Mereka bersedia untuk "membela negara yang belum pernah mereka kunjungi," papar Capone, seorang spesialis dalam teori pembelajaran komputasi.

Untuk diketahui, pekan lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan peringatan tegas bagi tentara asing atau tentara bayaran yang bergabung dengan Ukraina, jika tertangkap, mereka tidak akan diakui sebagai tahanan perang (POW).

"Saya ingin membuat pernyataan resmi, tidak ada tentara bayaran yang dikirim Barat ke Ukraina untuk memperjuangkan rezim nasionalis di Kiev, yang dapat dianggap sebagai pejuang sesuai dengan hukum humaniter internasional atau menikmati status tawanan perang (POW)," tegas kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov, melansir TASS.

Dia memperingatkan, semua tentara bayaran asing yang tertangkap dan ditahan di Ukraina, akan dibawa ke pengadilan atas tuduhan kriminal.

"Paling-paling, mereka dapat dituntut sebagai penjahat. Kami mendesak semua warga negara asing yang mungkin memiliki rencana untuk pergi dan berjuang untuk rezim nasionalis Kiyiv, untuk berpikir belasan kali sebelum melanjutkan," tandasnya.