Tugas Andi Widjojanto Setelah Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhanas
Gubernur Lemhanas Andi Widjojanto/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto mendapat tugas untuk merancang proyeksi geopolitik menuju Indonesia 2045 yang disegani di tataran regional maupun global.

Hal ini disampaikannya usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 21 Februari. Andi dilantik menjadi Gubernur Lemhanas menggantikan Agus Widjojo yang kini duduk sebagai Duta Besar Indonesia di Filipina.

"Arahan dari Bapak Presiden adalah melakukan penguatan transformasi Lemhanas sehingga sesuai dengan tantangan geopolitik abad ke-21," kata Andi usai dilantik seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Senada dengan Jokowi, Andi juga mengatakan Presiden Ke-5 RI yang juga Ketua Dewan Pengarah BPIP dan BRIN, Megawati Soekarnoputri meminta dirinya untuk berpegang pada ideologi Pancasila 1 Juni serta gagasan Presiden pertama RI Soekarno. Sehingga, ke depannya Lemhanas dapat merancang proyeksi geopolitik yang membuat Indonesia disegani.

"Gubernur Lemhanas ini dengan tetap berpegang kepada ideologi Pancasila 1 Juni lalu berusaha untuk menampung gagasan-gagasan besar Bung Karno bersama dengan pemikiran strategis tokoh-tokoh bangsa sebagai pijakan Lehmanas untuk bergerak ke depan dan akhirnya merancang proyeksi geopolitik Indonesia Raya, menuju Indonesia 2045 yang disegani di tataran regional dan global," ungkapnya.

Selain itu, Lemhanas diminta bergerak mengaktualisasi diri sebagai lembaga kajian strategis semakin relevan dengan perkembangan terkini, mampu menyerap metodelogi keilmuan baru. Apalagi, di era digital yang kini menjadi tantangan.

"Itu tugas-tugas yang diberikan kepada saya dan dengan perangkat yang ada, Lemhanas akan berusaha secepat-cepatnya agar capaian dari tugas-tugas itu bisa segera terealisasi," tegas Andi.

Diberitakan sebelumnya, pelantikan Andi sebagai Gubernur Lemhanas didasari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 21P/2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional RI. Keputusan itu dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) Nanik Purwanti.

"Memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Ke satu, mengangkat Saudara Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan RI terhitung sejak saat pelantikan dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan administrasi setingkat menteri," demikian bunyi Keppres tersebut.

Terkait