Menkes Budi Gunadi: Tren COVID-19 di DKI Mencapai Puncak dan Akan Bergerak Turun
Menkes Budi Gunadi Sadikin/DOK via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyebut kasus harian COVID-19 di DKI Jakarta akan segera melandai setelah mencapai puncaknya.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden. Dia mengatakan, DKI Jakarta akan mencapai puncak penyebaran COVID-19 pada pekan ini.

"DKI kemungkinan besar kami mengamati bahwa minggu ini akan sampai puncaknya dan akan mulai bergerak turun," kata Budi pada Senin, 14 Februari.

Begitu juga dengan lima provinsi lainnya seperti Banten, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua. Angka di enam provinsi itu, kata Budi, sudah melampaui puncak kasus Delta.

"Ada enam provinsi yang sudah melampaui kasus Delta dan 37 kabupaten/kota yang juga sudah melampaui puncak Delta," ujarnya.

Meski begitu, masyarakat diminta tak perlu khawatir. Penyebabnya, jumlah keterisian tempat tidur di enam provinsi tersebut hanya berkisar 30 persen jika dibandingkan saat puncak varian Delta.

Selanjutnya, Budi memperkirakan nantinya puncak kasus COVID-19 juga akan terjadi di sejumlah provinsi lain. Setelah mengalami puncak peningkatan kasus, dia meyakini pelandaian akan segera terjadi.

"Saya rasa nanti Banten, Jabar, Bali ini sudah mendekati puncak ya dan baru nanti akan bergeser ke provinsi lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja, dan di luar Jawa," pungkasnya.