Ular Sanca Panjang 3 Meter Bersarang di Plafon Rumah Warga, Petugas Duga Berasal dari Kali Belakang Rumah
Petugas evakuasi ular sanca sepanjang 3 meter di plafon rumah warga/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Warga di sekitar Jalan Mayjen Sutoyo, RT 10/06, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur digegerkan dengan penemuan ular sanca yang bersembunyi di plafon rumah. Lantaran takut terjadi hal yang tak diinginkan, warga pun menghubungi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur.

Usai mendapat laporan, petugas mengerahkan tiga personil tim rescue untuk melakukan evakuasi ular.

"Kami dari Damkar menangkap seekor ular sepanjang 3 meter. Laporan dari warga," kata Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Kamis 16 Desember.

Diduga, ular berasal dari aliran kali yang berada di belakang rumah warga. Kemudian ular itu masuk ke atas plafon rumah warga.

Petugas evakuasi ular sanca sepanjang 3 meter di plafon rumah warga/ Foto: IST

"Dia (pemilik rumah) sering lihat ular tersebut di atas plafon tapi kadang kala ularnya hilang pergi. Di belakang rumah tersebut adalah kali. Diperkirakan ular datang dari kali kemudian naik ke plafon," ujarnya.

Setelah melakukan pencarian, petugas akhirnya menemukan ular yang saat itu sedang bersarang di plafon.

"Kami ke lokasi dan mencari selama 30 menit, kami temukan dan kami tarik buntutnya hingga jatuh. Plafon juga sudah rapuh. Ular jatuh ke ruang tamu," ucapnya.

Karena akses evakuasi sulit, petugas terpaksa menjebol bagian plafon guna memudahkan proses evakuasi.

"Ular ditangkap dengan cara menarik bagian ekor. Dalam waktu 15 menit, ular berhasil dievakuasi dan dibawa ke Pos Damkar Jatinegara," katanya.

Gatot mengatakan, meski sudah berhasil dievakuasi, ular sempat hendak pergi melalui bawah lemari.

"Ular sempat mau pergi. Alhamdulillah bisa kita tarik dan keluarkan dari rumah warga. Setelah dievakuasi, ular diserahkan ke pecinta reptil," ujarnya.