Anak Usia 6-11 Tahun di Depok Mulai Divaksin Perdana, Cek Lokasinya
Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mulai memberikan vaksinasi COVID-19 kepada anak usia 6-11 tahun. Pemberian vaksinasi perdana ini, bakal dimulai di SDN Depok 1, Pancoran Mas.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, pemberian vaksinasi COVID-19 untuk usia 6-11 tahun ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021. Yaitu tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kota Depok menjadi salah satu kickoff pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada usia 6-11 tahun sesuai instruksi menteri yang akan dimulai 14 Desember besok (hari ini)," kata Mary dikutip dari laman resmi Pemkot Depok, Senin 13 Desember.

Menurut Mary, untuk jenis vaksinasi yang digunakan yaitu merek Sinovac. Pelaksanaan vaksinasi akan diberikan kepada seluruh anak usia 6 hingga 11 tahun di Kota Depok.

Mary menambahkan, untuk pelaksanaan perdana besok di SDN Depok 1 akan diberikan vaksinasi kepada anak kelas III, IV, dan VI. Sedangkan anak didik pada kelas I, II, dan V akan menyusul karena baru saja melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

“Sasaran kami besok semua anak didik di kelas III, IV, dan VI yang tidak melaksanakan BIAS. Semoga pelaksanaannya berjalan lancar,” pungkasnya.

Pelaksanaan teknis vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan sama seperti usia remaja 12-17 tahun. Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Basarah Yanuarso bilang pelaksanannya bisa digelar di puskesmas dan sekolah juga.

IDAI bertekad untuk membantu Kemenkes RI dalam vaksinasi kepada anak-anak usia 6011 tahun yang berjumlah 26,8 juta jiwa. Selain itu mereka sedang membuat pelaksanaan teknis yang lebih baik.

“Kami sedang membuat juknis (pelaksaan teknis) terkait skrining, seperti tekanan darah dan lainnya. Kita akan keluarkan rekomendasi untuk skrining lapangan,” lanjutnya.

IDAI memastikan vaksinasi akan menyebar ke seluruh daerah untuk merampungkan proses. Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap dengan kriteria vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Setidaknya ada 106 kota/kabupaten dari 11 provinsi yang memenuhi kriteria, di antaranya Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan lainnya.