Pastikan Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Karantina, Kuasa Hukum: Netizen Bilang 'katanya', Hari Gini Baiknya Jangan Ikut Sebar Fitnah
(Foto via Instagram mulanjameela1)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra sekaligus selebriti tanah air, Mulan Jameela diisukan melanggar aturan karantina COVID-19 usai berlibur di Turki. Mulan berserta suami yang juga musisi Ahmad Dhani dan keluarga disebut melanggar aturan lantaran belum genap 10 hari menjalani masa karantina namun sudah berkeliaran di area publik.

Menanggapi tudingan itu, Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis, membantah kabar Mulan sekeluarga tak jalani proses karantina sebagai aturan yang berlaku. Kabar itu sebelumnya dipublikasi oleh netizen bernama Adam Deni.

"Terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," ujar Ali Lubis saat dikonfirmasi oleh VOI, Senin, 13 Desember.

"Secara mereka sekeluarga tidak kemana-mana dan justru langsung melakukan karantina sesuai ketentuan yang berlaku," lanjut Ali.

Ali pun membantah Mulan Jameela maupun keluarga lainnya berjalan-jalan di Mal Pondok Indah usai kepulangannya dari Turki.

"Tidak benar pada tanggal 9 Desember 2021 sebagaimana apa yang di sampaikan oleh netizen di media sosial, yang katanya keluarga Ahmad Dhani jalan-jalan di salah satu mal setelah pulang dari Turki itu tidak benar sama sekali," tegas Ali.

Jika tidak percaya, Ali mengatakan, riwayat perjalanan bisa saja ditracking melalui aplikasi untuk COVID-19 PeduliLindungi.

"Dapat dibuktikan dengan melihat dan mengecek langsung riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi milik mereka pada tanggal tersebut," kata Ali.

Ali mengingatkan agar netizen tidak mudah membuat berita bohong yang berujung fitnah. Apalagi, hanya bermodal 'katanya' tidak melihat sendiri dengan bukti.

"Si netizen juga tidak menyebut bahwa dia melihat bu Mulan di PIM, dia sebut hanya info 'katanya-katanya'. Hari gini baiknya kita jangan ikut sebarkan fitnah," tandas Ali.

Sebelumnya, Ahmad Dhani dan Mulan Jameela diduga melanggar aturan karantina berdasarkan cerita Adam Deni di akun instagramnya.

Adam Deni berujar bahwa dirinya bertemu dengan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela beserta keluarganya ketika berlibur di Turki. Mereka menggunakan satu bus yang sama, ketika dijemput dari hotel menuju tempat naik balon udara.

Pada 2 Desember 2021, ia baru tiba di Jakarta dan harus menjalani karantina selama 10 hari. Tetapi pada 9 Desember 2021, Adam Deni mendapatkan kabar dari temannya bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela sudah terlihat berada di Pondok Indah Mall.

"Mohon izin bertanya dengan etika saya yang sangat sopan, apakah laporan yang saya terima ini benar terjadi? Apakah benar keluarga Ahmad Dhani tidak menjalani kewajiban karantina? Dan jika memang ini terbukti benar, apakah ini masih ada sangkut pautnya dengan staff protokol DPR? Mohon izin jangan hujat dan jangan ciduk saya karena saya bertanya dengan sangat sopan," jelas Adam Deni.