PBB: Satu Balita Meninggal Setiap Sembilan Menit Akibat Perang di Yaman Sepanjang 2021
Anak-anak bermain di dekat bangunan rusak akibat terdampak Perang Yaman. (Wikimedia Commons/Almigdad Mojalli/VOA)

Bagikan:

JAKARTA - Perang tujuh tahun Yaman akan merenggut 377.000 jiwa pada akhir tahun ini, baik melalui dampak langsung maupun tidak langsung, badan PBB memperkirakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan Selasa.

Hampir 60 persen kematian akan disebabkan oleh dampak tidak langsung seperti kekurangan air bersih, kelaparan dan penyakit, katanya, menunjukkan bahwa pertempuran akan secara langsung membunuh lebih dari 150.000 orang.

Sebagian besar dari mereka yang tewas akibat dampak tidak langsung perang adalah "anak-anak kecil yang sangat rentan terhadap kekurangan gizi dan kekurangan gizi", kata laporan Program Pembangunan PBB (UNDP).

"Pada tahun 2021, seorang anak Yaman di bawah usia lima tahun meninggal setiap sembilan menit karena konflik," sebut laporan tersebut mengutip France24 dari AFP.

Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada awal 2015 untuk menopang pemerintah, setelah pejuang Houthi yang didukung Iran merebut ibu kota Sanaa beberapa bulan sebelumnya.

Pertempuran sejak itu memiliki "efek bencana pada pembangunan bangsa", kata laporan itu.

UNDP telah memperingatkan di masa lalu bahwa perang di Yaman, yang sudah menjadi negara termiskin di kawasan itu, telah membuat perkembangannya mundur lebih dari dua dekade.

Perang Yaman sering dicap sebagai bencana kemanusiaan terbesar di dunia. Memproyeksikan dampak dari pertempuran yang berkelanjutan di masa depan, UNDP memperingatkan sekitar 1,3 juta orang secara total akan meninggal pada tahun 2030.

"Sebagian besar kematian itu akan terjadi, karena dampak tingkat kedua yang ditimbulkan krisis pada mata pencaharian, harga pangan, dan memburuknya layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan."

Jika perang berhenti sekarang, sebut UNDP, akan ada “harapan untuk masa depan yang lebih cerah di Yaman” yang dikatakan dapat mencapai status berpenghasilan menengah pada tahun 2050. Kendati demikian, untuk saat ini "situasi terus bergerak dalam spiral ke bawah".

Pertempuran yang meningkat, termasuk pertempuran tank dan pemboman reguler oleh jet tempur dan pesawat tak berawak, telah menghancurkan bahkan infrastruktur paling dasar di beberapa daerah.

Dalam beberapa pekan terakhir pertempuran telah meningkat di beberapa front, sebagian besar di dekat kota strategis Marib, benteng besar terakhir pemerintah yang diakui secara internasional di utara Yaman yang kaya minyak. Ribuan pemberontak dan pejuang pro-pemerintah telah tewas dalam pertempuran untuk kota.

Badan Pengungsi PBB, dalam komentar terpisah Selasa, mengatakan "sangat prihatin dengan keselamatan dan keamanan warga sipil di Provinsi Marib Yaman, termasuk lebih dari satu juta orang yang diperkirakan mengungsi".

Sekitar 40.000 orang terpaksa mengungsi di Marib sejak September, terang juru bicara UNHCR Shabia Mantoo di Jenewa, Swiss.

"Kondisi kesehatan seperti diare berair akut, malaria dan infeksi saluran pernapasan atas umum terjadi di antara para pengungsi baru," ungkapnya.

Houthi bulan ini juga merebut wilayah yang luas di selatan Hodeida, sebuah pelabuhan Laut Merah di mana pihak-pihak yang bertikai menyetujui gencatan senjata pada 2018, setelah pasukan loyalis mundur.

Administrator UNDP Achim Steiner mengatakan, "jutaan orang Yaman terus menderita akibat konflik, terjebak dalam kemiskinan dan dengan sedikit kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan dan mata pencaharian".

Lebih dari 80 persen dari populasi sekitar 30 juta membutuhkan bantuan kemanusiaan, kata laporan itu, sementara "ekonomi hampir runtuh". "Yaman adalah bencana kemanusiaan dan pembangunan terburuk dan terbesar di dunia, dan terus memburuk."