IHSG Akhir Pekan Dibuka Melemah Tipis 0,08 Persen ke Level 5.173,98
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan akhir pekan. IHSG Jumat 7 Agustus dibuka melemah tipis 0,08 persen atau 4,29 poin ke level 5.173,98.

Membuka perdagangan, 30 saham menguat, 27 saham melemah, dan 24 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 26,70 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp13,60 miliar.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan, IHSG hari ini tetap memiliki potensi untuk menguat menuju target resistance terdekat di level 5.220.

"Secara teknikal, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan, dengan support-resistance di level 5.107-5.220," katanya.

Adapun saham yang direkomendasikan Reliance Sekuritas untuk perdagangan hari ini adalah PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS).

Pandangan berbeda disampaikan analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, yang memperkirakan IHSG akan terkoreksi minor.

"Secara teknikal sudah jenuh beli, sehingga IHSG berpeluang terkoreksi wajar," katanya.

Saat ini menurutnya, pergerakan IHSG sedang berupaya mempertahankan level support di posisi 5.097, sedangkan target resistance terdekat berada di level 5.233.

Di tengah potensi terjadinya pembalikan arah melemah pada laju IHSG hari ini, Nafan menyodorkan sejumlah saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni PT Aces Hardware Tbk (ACES), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Indofood CBP Makmur Tbk (ICBP), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).