Studi Penelitian: Kurang Tidur Beri Dampak Buruk pada Kehidupan Seksual
Ilustrasi (William Fortunato/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Dari penelitian yang pernah dilakukan, kurang tidur memberikan dampak buruk pada kesehatan. Berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, stroke, Alzheimer, obesitas dan gangguan kesehatan mental disebut-sebut memiliki hubungan dengan kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga dapat berpengaruh dalam kehidupan seksual seseorang.  

Melansir National Sleep Foundation, Jumat, 29 Oktober, menurut peserta yang mengikuti jejak pendapat yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit tersebut, terlalu lelah membuat kehidupan seksual mereka menjadi berantakan. Selain itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine ini juga menemukan bahwa tidur yang buruk mengakibatkan disfungsi ereksi pada laki-laki dan kesulitan orgasme pada wanita.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa hormon-hormon penting dalam kehidupan seksual terbentuk di saat-saat akhir dan tidur nyenyak. Gangguan istirahat dan tidur diduga mempengaruhi produksi hormon testosterone. Berkurangnya hormon testosterone pada pria berdampak pada kurangnya hasrat seksual dan disfungsi ereksi.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Michigan juga menemukan bahwa wanita yang waktu tidurnya cukup dapat merespon rangsangan kelamin dengan pelumas vagina yang lebih baik, dibandingkan wanita yang durasi tidurnya lebih sedikit. Pada dasarnya, pelumas vagina merupakan kunci agar seks terasa nyaman dan tidak terasa sakit.

Berdasarkan National Sleep Foundation, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Tidur yang cukup memberikan banyak manfaat untuk tubuh mulai dari stamina kuat hingga kehidupan seksual yang meningkat.

Tips untuk cepat tidur

Kira-kira, bagaimana cara mendapatkan tidur yang cukup? Berikut beberapa cara cepat tidur yang dapat Anda lakukan agar tidur menjadi lebih berkualitas:

  1. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dalam seminggu termasuk akhir pekan. Hal ini akan membantu membangun siklus tidur Anda.
  2. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat Anda sulit tidur, seperti cokelat, alkohol, kafein, dan nikotin.
  3. Atur suhu udara di dalam kamar dan matikan lampu untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman.
  4. Hindari olahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur karena ini akan membuat Anda terjaga.
  5. Stres bisa membuat susah tidur. Hindari stress dengan melaksanakan yoga, meditasi, atau pijat untuk membuat tubuh lebih rileks.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!