Berita PON Papua: Tim Tarung Derajat Sulsel Bawa Pulang Tiga Medali PON Papua
Atlet tarung derajat Sulawesi Selatan saat berlaga di PON Papua. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Tim tarung derajat Sulawesi Selatan berhasil meraih tiga medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021.

Tiga medali Sulsel itu terdiri dari dua perak dan satu perunggu. Medali perak masing-masing dipersembahkan melalui nomor gharang putra oleh Muhlis/Nasran/Muh Fairul dan nomor gerak tarung campuran oleh Muhlis/Muh Fairul/Gita Mawarni/Yuyun Yuliani.

Sementara medali perunggu didapatkan lewat nomor gerak tarung putra oleh Muhlis/Nasran. 

Pelatih tarung derajat Sulsel Umar Sukmara menjelaskan pencapaian tersebut memang tidak sesuai target, yakni medali emas.

Targetkan dua emas

Meski demikian, sambung dia, seluruh anak asuhnya sudah mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

"Target kita dua emas, tetapi harus puas dengan dua perak dan satu perunggu," kata Umar di Timika, Rabu.

Atas raihan di PON XX Papua itu, menurut dia, ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi, salah satunya mengenai fasilitas latihan yang harus segera dilengkapi dan harus memperbanyak try out karena kurangnya jam terbang atlet sehingga penampilan mereka jadi kurang optimal.

"Saya jalankan program latihan, tapi bagaimana saya bisa lihat hasilnya kalau tidak ada try out, di situ akan saya evaluasi kekurangannya," jelas Umar.

"Try out-nya harus minimal dengan provinsi lain yang punya banyak petarung bagus-bagus, sehingga saya sebagai pelatih bisa mengevaluasi, kekurangan atlet dimana dan sekaligus lebih mengembangkan lagi kelebihan-kelebihan atlet, baik dari segi fisik, teknik, maupun mental juang. Dengan begitu, pelatih merasa yakin ketika atlet tampil di kejuaraan," tambahnya. 

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!