Satgas Sulsel Mencatat Hanya 24 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 dari 8.108 Spesimen yang Diperiksa
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di PKM Makkasar Sulsel yang juga diikuti oleh sejumlah warga asing. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pada 11 Oktober 2021, Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sulawesi Selatan mencatat hanya sebanyak 24 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dari 8.108 spesimen yang diperiksa.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel Husny Thamrin di Makassar, Senin 11 Oktober, menyampaikan bahwa penambahan kasus terus melandai hari demi hari, khususnya pada satu pekan terakhir.

"Kemarin ada 26 kasus yang bertambah, sedangkan sehari sebelumnya lagi penambahan terkonfirmasi positif 57 orang dan hari ini (11/10) menurun menjadi 24 orang," ujarnya.

Selain angka penurunan kasus, hal ini juga diikuti dengan turunnya angka kematian. Jika sehari sebelumnya terdapat satu orang meninggal akibat COVID-19, maka hari ini (11/10) tercatat tidak ada korban COVID-19.

"Angka kesembuhan sebanyak 72 orang dan totalnya sebanyak 105.425 atau kesembuhan itu sudah di angka 96,67 persen," tambah Husny.

Berpengaruh terhadap fasilitas pelayanan kesehatan

Selain itu, menurunnya angka kasus ini memberi pengaruh terhadap fasilitas pelayanan kesehatan yang disiapkan untuk melayani pasien COVID-19. Mulai dari rumah sakit hingga tempat isolasi terpadu bagi pasien tanpa gejala COVID-19.

Dari data Satgas Sulsel, terdapat tiga rumah sakit pemerintah yang kini tidak lagi mempunyai pasien COVID-19, yakni RS Unhas, RSUD Sayang Rakyat dan RSUD Kota Makassar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Sulsel dr Nurul menyatakan bahwa fasilitas kesehatan bagi pasien COVID-19 menyesuaikan dengan jumlah kasus COVID-19 yang memerlukan perawatan di Rumah Sakit.

"Kita tetap berharap agar kasus terus melandai dan rumah sakit tetap kembali kepada fungsinya merawat pasien umum dan tidak ada lagi pasien COVID-19," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!      

Terkait