Politikus Indonesia Berduka Cita atas Berpulangnya Rachmawati Soekarnoputri
Rachmawati Soekarnoputri (Twitter/@rsoekarnoputrii)

Bagikan:

Makassar—Kabar duka datang dari dunia politik Indonesia. Putri Presiden pertama RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri telah berpulang. Rachmawati meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.15 WIB.

Memiliki nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini lahir pada 27 September 1950. Menurut kabar yang beredar, Rachmawati meninggal dunia akibat terpapar COVID-19 usai dirinya dirawat di rumah sakit.

Diketahui, semasa hidupnya Rachmawati merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan berada langsung di bawah posisi Ketua Umum Prabowo Subianto sejak September 2020 lalu.

Berita duka ini juga disampaikan oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco melalui akun Twitternya. "Berita duka, Inalillahi wa innailaihi rojiun. Pada tanggal 3 Juli 2021, sekira pukul 06.45 WIB. Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," ungkapnya.

Kenangan Bersama Almarhumah

Wakil Ketua Umum sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon juga turut mengucapkan belasungkawa. "Inalillahi wainnailaihi raajiun. Selamat jalan mbak Rachmawati Soekarnoputri, sungguh merasa kehilangan teman diskusi saat di meja makan hampir setiap bulan. Seorang yang teguh berpendirian, berpihak pada rakyat dan terakhir selalu memikirkan Papua. Insya Allah husnul khotimah. Al Fatihah," ujar Fadli.

Begitu pula politikus Yusril Ihza Mahendra yang tidak hanya mengucapkan belasungkawa saja, tetapi dia juga menceritakan bagaimana sosok Rachmawati semasa hidupnya. Secara singkat, Yusril mengatakan bahwa, "Bu Rachma juga menghormati perbedaan-perbedaan dan beliau menyadari semua bermuara dalam satu tujuan," cuitnya.

Adapula Wakil Ketua Umum dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Habiburokhman yang memberikan ucapan duka cita. "Innalillahi wa inailaihi rojiun, dukacita mendalam atas wafatnya Putri Proklamator, sekaligus tokoh bangsa Ibu  Hj Rachmawati Soekarnoputri Binti Soekarno. Selamat jalan pejuang tangguh, semoga Almarhumah Husnul Khatimah," twitnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!