Dua Orang Kandidat Siap Bersaing di Musyawarah Wilayah PPP Sulawesi Selatan
Wakil Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sekaligus kandidat ketua, Imam Fauzan Amir Uskara. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Dua orang kandidat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Sulawesi Selatan, Irwan Aras (petahana) dan Imam Fauzan Amir Uskara, siap bersaing untuk memperebutkan dukungan 36 suara saat musyawarah wilayah, pada akhir Mei 2021.

"Insyaallah, sangat siap (maju, red.). Apalagi mendapat dukungan dari DPC (Dewan Pimpinan Cabang). Tapi semua kader punya kesempatan dan berharap sama, mau menang," kata Wakil Ketua DPW PPP Sulsel Imam Fauzan di Makassar, Rabu 24 Maret.

Ketua Fraksi PPP DPRD Sulsel ini, menjelaskan ada 36 pemilik suara yang dapat menyalurkan hak pilihnya pada muswil mendatang. Suara terbanyak ada sejumlah 24 suara di tingkat DPC kabupaten dan kota.

Selanjutnya, masing-masing satu suara penimbang berasal dari DPRD provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil membentuk fraksi utuh, seperti di Provinsi Sulsel, Kabupaten Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Sidrap, Pinrang, Luwu, dan Kota Makasar.

Menurut politikus muda ini, khusus di Kabupaten Gowa, ada dua suara karena berhasil mendapat delapan kursi atau dikali dua, sedangkan DPRD kabupaten/kota lainnya masing-masing satu suara, dengan total 10 suara.

Pemilik satu suara lainnya yakni dari DPW PPP Sulsel dan satu lainnya dari keterwakilan empat lembaga otonom atau sayap partai sehingga jumlah total menjadi 36 suara. Pemilik suara tersebut akan memilih formatur saat muswil.

Mekanisme muswil dijalankan tujuh orang formatur

Ia menjelaskan ada tujuh orang formatur yang akan bertugas menjalankan mekanisme muswil terdiri atas satu DPP dan DPW, serta lima DPC. Untuk DPP dilakukan penunjukan langsung dari pimpinan pusat.

"Jadi, dari pemilik suara itu setiap orang memilih formatur yang komposisinya tujuh orang. Jadi siapa yang masuk formatur, teman-teman DPC yang memilihnya," kata Imam.

Namun demikian, untuk suara penimbang dari fraksi utuh di DPRD kabupaten kota maupun DPC harus sama, dalam artian satu suara sehingga menentukan siapa yang dipilih itu hak ketua DPC masing-masing.

"Kita ambil contoh, untuk Kabupaten Gowa, di situ ada tiga suara. Satu DPC, dan dua suara dari fraksinya. Dan yang menentukan adalah ketua DPC-nya, tak boleh yang lain," ungkap dia.

Sebelumnya, Imam Fauzan, anak kandung dari Wakil Ketua DPP PPP Amir Uskara sekaligus anggota DPR RI ini, telah meraih dukungan dari 19 DPC kabupaten kota, serta empat organisasi sayap partai, mendorongnya maju sebagai Ketua DPW PPP Sulsel.

Ketua DPW PPP Sulsel, Muhammad Aras, yang dikabarkan akan kembali maju, sejauh ini belum membuka siapa saja pemilik suara yang mendukungnya. Ia lebih memilih untuk tidak banyak berkomentar dan fokus terhadap tugas-tugasnya sebagai anggota DPR RI.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!