8 Fitur Baru Android 12 yang Telah Dikonfirmasi, Pencinta Android Wajib Tahu Ini
Ilustrasi Android 12 (Foto: Gizchina.com)

Bagikan:

Setelah Google selaku pengembang merilis developer preview pertama ke publik, akhirnya Android 12 menemui titik terang. Mereka yang beruntung dapat menjajal dan menyaksikan hal baru dan unik yang ditawarkan oleh Android 12.

Seperti generasi-generasi sebelumnya, hal segar yang difokuskan di Android 12 adalah fitur baru yang diharapkan dapat membantu penggunanya. Selain ada banyak fitur yang telah dikonfirmasi akan hadir, tidak sedikit pula yang dirumorkan akan jadi bagian fitur unggulan untuk Android 12. Untuk lebih lengkap, mari simak ulasan berikut ini.

Berbagi Wi-Fi dengan lebih mudah

Di Android 11, Anda dapat berbagi koneksi Wi-Fi dengan orang lain dengan cara yang cukup sederhana dan mudah, yakni melalui kode QR. Nah, di Android 12, hal tersebut akan dipermudah dengan langsung berbagi melalui tombol “Nearby” di bawah kode QR.

Fitur Nearby Share berfungsi untuk mengirimkan koneksi Wi-Fi kepada siapa pun yang diinginkan. Selain lebih segar dan sederhana, lewat fitur ini pengguna bisa berbagi koneksi ke banyak orang tanpa harus menampilkan kode QR ke tiap orang.

Sistem tema berbasis wallpaper

Sistem tema berbasis wallpaper yang sempat hanya sekadar rumor kini telah resmi menjadi fitur unggulan yang dibawa Android 12. Fitur yang pertama kali diketahui pada akhir Januari kemarin ini, menggunakan warna dominan dari wallpaper untuk mengatur warna tema dari UI Android 12 itu sendiri.

Nantinya, warna tersebut akan diaplikasikan ke sejumlah bagian seperti notifikasi, menu pengaturan dan lock screen. Fitur ini sekarang tersedia di Android 12 Developer Preview 1 meski belum diketahui apakah Google akan tetap mempertahankannya di versi akhirnya nanti.

Peningkatan notifikasi

Sistem notifikasi Android 12 akan mendapatkan perombakan desain untuk meningkatkan nilai estetika, kegunaan dan fungsionalitas. Google akan mengubah bagian drawer dan kontrol, serta menyegarkan animasi dan juga transisinya. Responsivitas yang lebih baik juga jadi salah satu misi utama Google di bagian ini.

Android 12 akan membuang “trampolines” sehingga pengguna bisa langsung diarahkan ke aplikasi ketika mengetuk notifikasi. Intinya, Google ingin membuat notifikasi Android 12 jauh lebih intuitif, di samping menawarkan penampilan baru yang segar.

Transcoding media yang kompatibel

Terlepas dari fakta bahwa HEVC saat ini telah sangat populer, standar untuk kompresi video itu sejauh ini belum didukung oleh semua aplikasi. Kabar baiknya, Google akan memperkenalkan lapisan transcoding ke Android 12 yang memungkinkan aplikasi yang tidak didukung bisa menggunakan teknologi kompresi video itu.

Aplikasi pemutar video yang tidak mendukung HEVC kini dapat meminta Android 12 untuk mengonversinya ke format AVC yang lebih mainstream. Fitur ini, nantinya akan tersedia di semua perangkat Android 12 dan bisa dipakai di semua aplikasi pihak ketiga.

Manajemen penyimpanan aplikasi yang lebih pintar

Beralih ke fitur yang masih sekadar rumor, Google dikabarkan akan menyertakan fitur App Hibernation ke dalam Android 12. Fitur yang telah tersedia di dalam Android Open Source Project (AOSP) ini secara otomatis memungkinkan sistem operasi untuk memberikan cache aplikasi yang diberi label “hibernasi”.

Sejauh ini tidak diketahui maksud dari aplikasi yang berhibernasi dan apakah label itu ditentukan oleh pengguna sendiri atau oleh sistem operasi secara otomatis. Namun satu yang pasti, fitur ini baru bakal terasa untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan sedikit atau terbatas.

Gestur double-tap untuk Pixel

Android 11 Developer Preview diluncurkan dengan disertai fitur double-tap yang menarik di mana pengguna (khusus HP Pixel) dapat mengontrol hardware ataupun membuka aplikasi hanya dengan tap dua kali di bagian body belakang. Dengan ini, pengguna leluasa mengakses fitur-fitur dengan cepat tanpa perlu menyentuh bagian layar.

Sayangnya, fitur ini tidak lolos ke Android 11 versi final, namun 9to5Google mengklaim jika fitur ini akhirnya akan dirilis di Android 12. Pengguna yang tertarik nantinya bisa mengatur sensivitas fitur ini dan jika tidak tertarik, bisa menonaktifkannya.

UI yang lebih segar

Sementara fitur tema berbasis wallpaper telah dikonfirmasi ada, belum diketahui apakah desain UI terbaru dari Android 12 akan lolos ke versi final nantinya. Developer Preview pertama untuk Android 12 tidak hadir dengan pembaruan ini dan diperkirakan baru akan tiba di DP kesekian menjelang perilisan versi finalnya.

Lewat beberapa screenshot yang bocor, UI baru Android 12 menampilkan lockscreen, always-on display dan panel quick setting yang sepenuhnya punya desain baru. Banyak yang beranggapan jika hal tersebut tidak akan dijadikan UI baru Android 12 karena tampilannya yang dinilai kurang matang.

Rotasi otomatis berbasis wajah

Ketika HP digunakan dalam mode lanskap, biasanya secara otomatis akan menampilkan konten di layar mode yang sama. Hal itu bisa terjadi karena sensor gyro yang tertanam di dalam HP.

Nah di Android 12, Google akan membawa fitur rotasi otomatis yang memanfaatkan wajah pengguna untuk menentukan mode mana di antara lanskap atau portrait yang lebih sesuai. 9to5Google mengatakan, kemungkinan besar fitur ini akan tersedia secara eksklusif untuk HP Pixel dan tentu saja, dengan memfungsikan kamera depan untuk mengetahui posisi wajah pengguna.

Demikianlah ulasan mengenai fitur-fitur yang telah dikonfirmasi dan dirumorkan tersedia dari Android 12. Selain fitur-fitur di atas, Android 12 juga dikabarkan akan punya fitur privasi yang ditingkatkan, dukungan screenshot scrolling dan nama lain yang terinspirasi dari makanan manis yaitu “Snow Cone”.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!