Irjen Ferdy Sambo Ditahan di Mako Brimob Sebulan ke Depan, Komisi III DPR: Dugaan Pelanggaran Etik Pasti Berujung Pidana
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Sebulan ke depan Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus (Patsus) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, karena dugaan pelanggaran prosedur dalam olah TKP tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Ada dugaan kuat, hal ini berkaitan dengan rusaknya CCTV yang bisa jadi pembuka segala misteri kematian Brigadir J. Namun tidak hanya Ferdy Sambo, ada tiga jenderal lain yang telah dimutasi ke Yanma Polri.

Anggota Komisi III DPR Ahmad Ali meyakini dugaan pelanggaran etik tersebut pasti akan berujung pada pelanggaran pidana.

"Kalau upaya pengusutan pelanggaran etik yang sedang dilakukan internal, saya pastikan itu akan berujung pada pidana," ujar Ali saat dihubungi, Senin, 8 Agustus.

Namun menurutnya, alat bukti yang cukup perlu dikumpulkan Kepolisian RI, baik melalui keterangan saksi-saksi maupun alat bukti lainnya. Sebab dengan alat bukti yang cukup, kata Ali, Polri dapat melanjutkan untuk penetapan tersangka.

Penetapan tersangka tidak didasarkan dari keinginan publik

Apabila belum ada alat bukti, tambah Ali, maka penetapan tersangka tidak dapat didasarkan hanya dari keinginan publik semata. "Jadi sangat tergantung penemuan alat bukti dalam pemeriksaan," ucap Ali.

Sementara, CCTV di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo masih menjadi polemik. Pasalnya, pengakuan ajudan satu dengan yang lain ada yang menyebut tidak sejak lama akibat tersambar petir. Sedangkan kekinian, ada dugaan bahwa CCTV sengaja dirusak.

Karena itu, Politikus NasDem itu pun mengingatkan bahwa pemeriksaan dugaan pelanggaran etik tersebut jangan sampai mengesampingkan ranah pidana. Sebab, kedua hal tersebut dapat berjalan bersamaan.

"Kalau dalam perjalanan pengusutan kasus etik ditemukan alat bukti pidana, ya dia bisa diusut secara bersamaan," katanya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.