Berita Sulsel Terbaru: Andi Sudirman Sulaiman Alokasikan Rp18 Miliar untuk Perbaikan Jalan Poros Enrekang-Pinrang
Ilustrasi. Ruas jalan provinsi di poros Soppeng-Barru yang tengah dalam pengerjaan di Sulawesi Selatan. ANTARA Foto/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyediakan anggaran sejumlah Rp18,2 miliar pada 2022 untuk renovasi jalan yang mengalami rusak parah di poros Enrekang-Pinrang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Astina Abbas menjelaskan tahun ini, Dinas PUTR Sulsel mengalokasikan Rp18,2 miliar untuk menjalankan rekonstruksi jalan sepanjang 2,3 km pada ruas Paleteang - Malaga - Kabere di Kabupaten Enrekang.

Menurut dia, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang ini menjadi prioritas Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk digarap tahun ini.

“Ini menjadi salah satu prioritas bapak Gubernur, karena termasuk LHR tinggi dengan kondisi rusak parah. Tahun ini penanganan difokuskan untuk menuntaskan rusak parah sekitar 2,3 km,” ujar Astina dilansir Antara, Senin, 9 Mei.

Alokasi dana Rp4,4 miliar untuk pembangunan jembatan

Tak hanya penanganan jalan saja, tahun ini pembangunan pada Jembatan Kabere pada ruas Paleteang - Malaga - Kabere juga dilakukan dengan alokasi sekitar Rp4,4 miliar.

Penanganan tahun ini, termasuk untuk jalan yang sempit dan tanjakan yang ekstrem.

“Dengan pengerjaan jalan ini, akan menuntaskan jalan rusak berat,” ujar dia.

Astina menjelaskan pengerjaan jalan ini akan dilakukan perbaikan trase jalan yang sempit dan menanjak karena membahayakan pengendara yang melintas.

“Untuk rekonstruksi jalan, sementara tahapan lelang. Sementara untuk jembatan baru selesai DED, dan akan memasuki tahapan lelang,” ujarnya.

Astina mengatakan penanganan jalan Provinsi menjadi salah satu komitmen Gubernur Sulsel dalam menghadirkan kemudahan akses mobilitas masyarakat.