5 Tanaman Hias dengan Bunga Berwarna Putih dan Menguarkan Wangi
Ilustrasi tanaman hias bunga putih yang harum (Pexels/Talha Riaz)

Bagikan:

Makassar—Bagi Anda yang gemar merawat tanaman hias berbunga, tentunya akan memilih warna bunga yang paling disukai. Nah, banyak sekali macam-macam warna bunga, salah satu warna yang membuat jatuh hati adalah warna putih.

Bunga berwarna putih dan menebarkan wangi yang paling populer adalah melati ataupun mawar putih. Jika Anda hendak referensi lain, berikut rekomendasi tanaman hias bunga putih yang mampu mengeluarkan aroma sedap di halaman rumah Anda.

Gerdenia

Rekomendasi tanaman bunga berwarna putih selanjutnya adalah gardenia. Bunga gardenia adalah keluarga tumbuhan kopi yang mampu tumbuh di kawasan tropis dan sub tropis. Bunga ini terdiri dari kurang lebih 140 spesies. Ketika mekar, bunganya akan menebar harum.

Bunga gardenia juga dikenal akrab dengan sebutan bunga ceplok piring. Ada juga yang menyebutnya bunga kaca piring.

Cempaka putih

Nama ilmiah dari bunga cempaka putih ialah Michelia x alba. Tanaman berbunga ini akan tumbuh subur di kawasan dengan paparan matahari tidak menyengat. Selain berwarna putih dan memiliki aroma yang harum, gardenia juga bermanfaat untuk kesehatan.

Antara lain dapat membantu mengatasi demam, keputihan, haid tidak teratur, hingga menghilangkan bau mulut.

Wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma lekat dengan mitos, sebab waktu mekarnya yang terbatas. Seolah peristiwa mekar bunga ini merupakan satu momen yang ajaib dan ditunggu-tunggu. Uniknya, tanaman ini masuk dalam spesies sukulen dengan batang tidak rata. Sekilas terlihat seperti tanaman kaktus yang tumbuh vertikal, tetapi memerlukan penyangga sebab tak dapat berdiri tegak.

Bunga wijaya kusuma akan mekar saat hampir tengah malam menjelang dini hari. Pada waktu lain, bunganya hanya kuncup namun masih beraroma wangi.

Sedap malam

Rekomendasi terakhir adalah bunga sedap malam. Sedap malam mempunyai nama ilmiah Polianthes tuberosa. Tanaman bunga sedap malam juga diolah untuk bahan parfum. Karakter tumbuhannya berumbi dan bunganya mekar pada malam hari.

Dari kelima tanaman hias bunga putih dan harum di atas, mana yang paling menarik untuk menghias rumah Anda?

Amarilis

Bunga lain yang paling sering terlihat menghias halaman rumah adalah bunga amarilis atau yang disebut dengan bunga bakung. Bahkan di tepi jalan juga kerap ditemukan tumbuhan berbunga ini.

Kelopak bunganya mirip dengan bunga terompet dengan putih dan benangsari menyembul menambah semakin indah. Tanaman bunga amarilis termasuk satu keluarga dengan lily. Meskipun menebarkan aroma harum, bunga ini tidak disarankan untuk dikonsumsi karena cukup berbahaya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!